Wednesday 1 July 2015

Jika Manusia itu Manusia

 
 "Manusia adalah kita, kita yang mempunyai keyakinan dan mampu berbuat"


Segala anugerah telah tak terhitung kita terima sebagai manusia, ciptaan Tuhan yang terbaik dari sebaik baiknya makhluk. Manusia menerima anugerah itu yang telah disama-ratakan kepada manusia saat manusia lahir di dunia. Hanya saja, Tuhan memberikan kesempatan kepada seluruh manusia untuk berlomba lomba mendapatkan anugerah Tuhan. Apa itu? tentu saja kenyamanan hidup atau kenikmatan.

Adalah kerugian anda sebagai manusia, jika anda tidak berlaku sebagai manusia. Apakah kau ingin bersifat seperti hewan? kau bisa dan kau sangat trampil, kau cukup makan. Apakah kau ingin bersifat seperti Jin? kau sangat bisa, kau cukup mengatakan bahwa aku waras. Dan apakah kau ingin bersifat seperti malaikat, atau sejenisnya? kau cukup yakin bahwa kau sangat tidak sempurna dan ketergantungan.

Sudah tahu apa itu manusia? kalau sudah tahu mari kita beriman dan beramal. Setelah itu beranjak melihat manusia dari sisi manusia. Pasti kau yakin berpandangan bahwa manusia sekarang bukan manusia yang kau inginkan. Betulkan begitu? jika iya, kau adalah manusia sebenarnya yang menjadi manusia.

Sama sama manusia

Manusia diciptakan sangat beragam, tidak ada yang sama, tidak pula yang beda. Jika kau ingin mengelompok, silahkan saja. Tetapi kau sama saja manusia, tidak akan beda dengan manusia lainnya. Tetapi, tak jarang manusia menginginkan kelompoknya menjadi kelompok manusia yang diridhoi Tuhan, boleh boleh saja asalkan kalian masih menjadi manusia, beriman dan beramal.

Apakah kau yang mengakui kebenaran di kelompokmu? Jika iya, kenapa kau membenci kelompok manusia lainnya, mereka juga manusia. Jika yakin kelompokmu paling benar? Siapa Tuhanmu? Apakah Tuhan menyuruhmu membenci sesama manusia?

Hubungan manusia

Hubungan manusia terjadi karena manusia tidak sempurna dan ketergantungan. Jika kau itu, manusia yang menjadi manusia kau ingin apa atas hubungan kemanusiaan? bukankah kau ingin berhubungaan dengan sama sama manusia dan menganggap manusia itu sama. Sudahkah mengerti manusia itu manusia yang ingin disebut manusia? Hal atau jawaban itu terletak pada judul bacaan ini

0 komentar:

Post a Comment